Air terjun tinngi, Patung super besar sampai larangan motret di makam

Air Terjun Grojogan Sewu
Karanganyar, wisata-wisatanya bisa di bilang kurang femiliar, iya gak sih? banyak orang yang belum tau di karanganyar ada wisata apa aja, kayanya ketutup deh sama wisata di Solo, Solo lebih femiliar ya di banding Karanganyar, tapi ternyata Karanganyar punya banyak tempat wisata yang keren loh.

Desember 2016 lalu Saya sempat menghabiskan waktu di Karanganyar sambil mengantar teman-teman yang naik ke Gunung Lawu, sambil nunggu mereka turun dari pendakian, Saya mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Karanganyar. Ternyata banyak banget wisatanya.

Dataran tinggi Tawangmangu
Secara geografis, wilayah Kabupaten Karanganyar berada di sebelah timur, utara dan barat dari kota Solo. Letak geografis Kabupaten Karanganyar berada di provinsi Jawa Tengah bagian selatan yang langsung berbatasan dengan Jawa Timur. Tentu saja Karanganyar jadi tempat yang sangat strategis.

Ada Tawangmangu, sebuah daerah dataran tinggi di Karanganyar yang menyimpan pesona keindahan dataran tinggi. Seperti daerah dataran tinggi lainnya, Saya di sambut dengan rindangnya pepohonan, jalanan yang naik turun dan juga bukit-bukit yang banyak.
Gerbang masuk Candi Cetho
Candi Cetho, sebuah Candi peninggalan agama Hindu ini berada di atas ketinggian. Udaranya sejuk banget.Candi Cetho masih aktif di gunakan untuk ibadah, kebetulan banget pas Saya baru masuk di gerbang masuk ke Candi, Saya berpapasan dengan warga yang baru selesai ibadah. Mereka semua ramah, Saya sempat mengobrol dan mengajak selfie. Bukan bermaksud gak sopan, maksud Saya cuma mau mengabadikan momen, kebetulan si Bapak yang Saya ajak ngobrol juga gak keberatan. cekrek!
Foto bersama warga
Jujur saja, menurut Saya Candi Cetho adalah salah satu candi yang paling rapi di Indonesia, bersih dan pemandangan di sekelilingnya indah banget. dari atas sini kita bisa melihat keindahan Kota Karanganyar.

Kalo kamu ada waktu lebih, bisa juga mengunjungi candi lain di sekitar komplek candi cetho, yaitu candi saraswati dan candi kethek. Ada perunjuk arah menuju candi candi itu, jalan kaki sekitar 5-10 menit sudah sampai ke candi saraswati dan candi kethek.

Candi Saraswati
Selain candi, ada juga Air terjun super keren yang bisa di kunjungi di Karanganyar ini, yap, Air Terjun Grojogan Sewu! Lokasinya mudah banget di jangkau, dekat dengan tempat wisata New Balaikambang.

Setelah membeli tiket seharga Rp. 10.000, kita akan menuruni anak tangga yang banyak, memasuki pohon yang rimbun dan tinggi. Saya takjub sekali melihat Air terjun Grojogan Sewu yang super tinggi, kira-kira 80 meter tingginya, dan kalau kita mendekat sudah pasti kecipratan air, kebetulan Saya lagi males basah-basahan, jadi Saya memandangi air terjunnya dari kejauhan.

Aliran sungai Grojogan Sewu
Selain air terjun, di sana juga ada kolam renang, flying fox dan banyak warung makanan yang menjual sate kelinci. Kalo kesana, hati-hati deh sama makanan kamu, soalnya banyak monyet yang suka ngambilin makanan. katanya sih gak cuma makanan, tapi monyet-monyet di grojogan sewu ini juga suka iseng ngambilin barang-barang seperti perhiasan dan kamera kalo pemiliknya lagi lengah.

Ada New Balaikambang, sebuah tempat wisata yang menyajikan miniatur-miniatur dari beberapa keajaiban yang ada di dunia seperti tembok cina, menara eiffel dan banyak lagi. tiket masuknya rp. 12.000/orang. Saya sih ogah masuk, kurang menarik kalo cuma miniatur-miniatur. he he he

Pas banget hujan turun, di depan New Balaikambang ada sebuah cafe (saya lupa banget namanya), di Sana sambil nunggu hujan reda, Saya sempat memesan cokelat panas dan roti panggang. Nikmat banget, udara yang dingin, hujan, cokelata panas dan roti panggang sudah cukup melengkapi momen waktu itu meski gak sama pendamping.

Patung Semar
Jangan di lupain, di Karanganyar juga ada tempat wisata yang cukup menarik tapi murah meriah. Bayar seiklasnya untuk masuk dan berfoto bareng Patung Semar super gede ini. Selain patung ada juga bangunan di dekat patung yang terlihat unik bentuk bangunannya.


Selain wisata alamnya yang bagus, di Karanganyar juga ada Astana Giribangun, sebuah makam mantan presiden RI kita, Bapak. Soeharto.

Lorong masuk ke makam
Saya merekomendasikan datang ke makam nya malam hari, lebih dapet aja sunyinya. tapi emang aga sedikit horror sih, soalnya emang jarang pengunjung yang datang malam hari kecuali ada momen-momen tertentu.

Kawasan makam terkesan mewah banget.

Di makam Bapak Soeharto akan ada pemandu yang nemenin kunjungan kita. Awalnya, di depan pintu masuk ruang utama makam kita akan di ajak untuk dzikir dan berdoa. Ketika kita sedang duduk untuk berdo'a, dari sini makam Bapak Soeharto keliatan dari ukiran-ukiran kayu yang berlobang.

Setelah selesai, kita akan di ajak masuk ke ruang utama yang isinya ada makam Bapak Soeharto, Ibu Tien dan satu lagi Saya lupa.

"Mohon maaf, tidak boleh ada yang memotret di dalam. kalo mau berfoto untuk kenang-kenangan, ada petugasnya, biaya nya RP. 30.000 sudah sekalian cetak" kata pemandu sebelum mempersilahkan Saya masuk ke ruang utama makam.

Oh....

0 Comments:

Posting Komentar