Cara Mendapatkan Sertifikat Nol Kilometer Indonesia


Setiap tempat wisata umumnya menyediakan souvenir/merchendise yang sudah sering kita lihat seperti gantungan kunci, magnet, kaos, dan lainnya. Tapi berbeda ketika kita berkunjung ke Tugu Titik Nol Kilometer Indonesia di Sabang, Aceh. Kita bisa mendapatkan souvenir yang beda, yang bisa kita jadikan kenang-kenangan dan bukti nyata kalo kita udah pernah berkunjung ke sana, selain bukti foto tentunya. Yap, sertifikat! Lain dari yang lain, Tugu Titik Nol Kilometer Indonesia menyediakan souvenir sertifikat yang bisa kita bawa pulang ke rumah.

Saya sempat mencari dan membaca di google mengenai informasi cara buat dapetin sertifikat itu. Dari informasi yang Saya dapat caranya cukup mudah ; nanti ketika kita datang ke Tugu TNKI di Sabang, Kita tinggal mencari sebuah mobil dengan petugas khusus di sana, petugas akan mencetak sertifikat yang sudah tercantum nama kita dan kita cukup membayar 30.000 rupiah untuk biaya cetak & kertasnya. Setelah itu langsung bisa kita bawa pulang.

Nasib berkata lain. Ketika Saya sudah sampai Tugu TNKI, Saya nggak mendapati mobil yang di maksud. Saya coba tanya ke beberapa warung yang ada di sana dan jawabannya kompak ; "sudah di pindahkan!" Di pindahkan kemana? Katanya lagi "Pindah ke Toko Liberti Baru di Kota Sabang.
Eng ing eng... Sudah jauh-jauh ke Sabang tapi nggak bawa sertifikat nya? Rugi banget!

Malam harinya Saya whatsappan dengan Kak Winny, sempet ngobrolin soal sertifikat itu, ternyata Kak Winny juga ngincer sertifikatnya, sama kaya Saya. Lalu Kak Winny coba datengin Toko Liberti Baru yang di maksud, hasilnya nihil. Jawaban yang di dapat, katanya sudah tidak jual lagi dan di pindahkan ke Dinas Pariwisata.

Keesokan paginya, setelah janjian bertemu dengan Kak Winny di Tugu Sabang - Kota Sabang, kami langsung datengin Dinas Pariwisata Sabang, berharap di sana beneran ada dan bisa, tapi jelas saja Dinas Pariwisata nya tutup karena waktu itu hari minggu.

Saya langsung menghubungi Bang Dedi (Orang yang menyewakan Saya motor di Sabang) Buat nanyain gimana caranya buat dapetin sertifikat itu. Kebetulan Bang Dedi Nggak bisa di hubungi. Dengan kekecewaan yang mendalam, Saya, Kak Winny dan adiknya (Bang Rizki), Kami melanjutkan perjalanan keliling Sabang. Selama di perjalanan jujur aja Saya masih berharap bisa dapetin sertifikatnya. 

Jodoh nggak kemane ye.. Bener aja, Ketika Saya sedang menuju pantai Anoi Hitam, Saya dapet telpon dari Bang Dedi, Intinya dia bisa bantu dan minta nama lengkap Saya buat di ketik di sertifikatnya.

Alhamdulillah...

Padahal udah deket banget ke Pantai Anoi Hitam nih tapi Kami memutuskan putar balik dan langsung menuju Sabang Tourism Center buat ketemu petugasnya. 

Ketika di Sabang Tourism Center Saya menanyakan langsung perihal pembuatan sertifikat itu, kenapa nggak ada di Tugu TNKI nya atau di Liberti Baru atau di Dinas Pariwisata? Jawaban dari Kakak pembuat sertifikatnya adalah : Dulu memang pembuatan sertifikat Titik Nol Kilometer Indonesia ini di perbolehkan pembuatannya di Tugu nya langsung atau di Toko Liberti dengan harga maksimal 35.000 atau di Sabang Tourism nya langsung dengan harga normal 25.000. Tapi nih ternyata banyak kecurangan, banyak yang menjual sertifikat ke turis dengan harga di atas 35.000, itu di luar kesepakatan dengan Dinas Pariwisata. Nah mangkanya sekarang pembuatan sertifikatnya hanya di Sabang Tourism Center.

Oh....... Begitu! 
Penampakan sertifikatnya
Nah, buat kamu-kamu yang nanti akan ke Sabang dan mau dapetin sertifikatnya, jadi langsung datengin Sabang Tourism Center aja ya di dekat Sabang Fair - Kota Sabang. Kantornya buka senin sampai jumat. Kalo kamu datang nya di weekend kaya Saya, coba aja datang langsung ke kantornya, siapa tau ada yang jaga, atau coba minta bantuan ke orang yang kamu kenal di Sabang, kek Saya minta bantuan Bang Dedi, orang yang nyewain Saya motor.

Emang aneh sih ya, Sabang kan sering di datengin wisatawan, dan banyak wisatawan yang datangnya di weekend, Sayang aja gitu kalo pembuatan sertifikatnya nggak di buka saat weekend juga. Apalagi buat yang datang jauh-jauhdari ujung berung kek Saya ini. 

Hhhhmmm....

Sekian....
Hatur Nuhun!

1 komentar:

  1. Mas, lokasi pastinya si tourism center ini dimananya sabang fair ya? Soalnya di map ga ada.. atau klo boleh minta kontaknya mas dedi juga dong mas.. terimakasih

    BalasHapus