Anak Gunung Krakatau 'wajib' di kunjungi para Traveler di seluruh dunia


Puncak bayangan Anak gunung krakatau
Lampung, banyak sekali tempat yang indah di provinsi ini, salah satunya adalah wisata di anak gunung krakatau. wisata ini mulai banyak di lirik oleh wisatawan lokal maupun internasional. Saya sangat merekomendasikan kamu untuk berkunjung ke tempat ini. tapi memang perlu kehati-hatian mengunjungi tempat ini karena secara alami gunung ini masih aktif. saran saya sebelum berkunjung ada baiknya mencari informasi kondisi ter-update gunung ini.
Anak Gunung Krakatau tidak hanya memamerkan keindahan pantai, gunung dan bawah lautnya saja, tapi juga menyimpan sejarah luar biasa.

Sejarah singkat letusan gunung krakatau :

Sunrise dari jalur pendakian anak gunung krakatau
Pada tanggal 27 Agustus 1883, terjadi letusan mahadahsyat yang menghancurkan 60% tubuh krakatau di bagian tengah sehingga terbentuk lubang kaldera sepanjang 7 km dan menyisakan 3 pulau kecil, yaitu Pulau Rakata, Pulau Sertung, dan Pulau Panjang. Letusan krakatau tersebut dapat terdengar hingga 4600 km. Ledakan Krakatau telah melemparkan batu-batu apung dan abu vulkanik dengan volume 18 kilometer kubik. Semburan debu vulkanisnya mencapai 80 km. Benda-benda keras yang berhamburan ke udara itu jatuh di dataran pulau Jawa dan Sumatera bahkan sampai ke Sri Lanka, India, Pakistan, Australia dan Selandia Baru. Dampak dari letusan gunung krakatau adalah tercatat jumlah korban yang tewas mencapai 36.417 orang dan menimbulkan tsunami. Aktivitas gunung krakatau dimulai sejak tiga bulan sebelumnya. “Terjadilah letusan yang amat dahsyat…gumpalan abu menyembur ke udara setinggi 70 kilometer, dibarengi dengan tsunami. Ombak setinggi 40 meter menyapu habis pantai sebelah Sumatra dan Jawa di kawasan selat Sunda.

Aktivitas selama wisata di anak gunung krakatau :


Pulau Umang-umang
Homestay di pulau sebesi

Kamu pasti bertanya-tanya aktivitas apa aja jika kamu berkunjung kesini, jawabannya dalah BANYAK! banyak yang bisa kamu lakukan selain mendaki anak gunung krakatau dan bermain bersama binatang biawak di kaki gunung, untuk mendaki anak gunung krakatau ini kamu memerlukan waktu 30 sampai 45 menit, setelah itu kamu juga bisa snorkling di lagoon cabe dan pulau sekitar, selain itu kamu bisa menikmati sunset di pulau umang-umang yang menjadi destinasi favorite saya selama wisata anak gunung krakatau, terus kamu bisa sewa homestay di pulau sebesi dan menyaksikan langsung aktifitas warga di sana dan berbincang langsung sejarah letusnya gunung krakatau yang menyejarah.

Snorkling
Serunya Snorkling bersama
Sunset di Pulau Umang-umang
Rute perjalanan :

Kebetulan banget saat mengunjungi krakatau saya bersama teman-teman saya dari Komunitas Backpacker Karawang, sehingga kami dari Karawang menyewa bis ke Pelabuhan merak, dari merak kami nyebrang ke bakauheuni dengan tiket kapal feri sebesar RP. 15.000 (harus menyediakan kartu identitas), dari bakauheuni kami nyewa angkot ke dermaga canti dengan biaya RP. 400.000 (PP kapasitas 10-11 orang), sesampainya di dermaga canti sudah di sediakan kapal yang kami sewa sebelumnya, harga sewa kapal RP. 3.600.000 (2 hari dengan kapasitas 30-35 orang). lalu kami menyewa homestay dengan harga RP. 300.000/kamar (muat untuk 10-13 orang). untuk homestay ini ada banyak pilihan kok, tinggal di sesuaikan saja dengan keinginan.

*Kamu bisa menghubungi Bang Andi untuk penyewaan kapal, homestay dll. ini nomor telponnya 0823-7298-4544


Tapi... buat kamu yang mau mencoba Backpackeran sendiri bisa juga kok menggunakan jasa umum.
dari pelabuhan bakauheuni kamu bisa naik bis jurusan kali lalu di lanjutkan dengan naik angkot ke canti. Dari dermaga di Desa Canti, biasanya banyak perahu motor nelayan yang bisa disewa untuk mengantarkan kamu mengunjungi Gunung Krakatau kurang lebih waktu tempuhnya bisa mencapai 2,5 jam. tapi mohon maaf saya belum mendapatkan informasi biaya untuk menyebrang ke krakatau dari dermaga canti.

Oh iya, untuk mendaki anak gunung krakatau kamu dikenakan biaya sewa ranger sebesar Rp. 50.000

Untuk mengunjungi tempat ini dibutuhkan waktu yang tidak sedikit, jadi menurut saya lebih baik kamu menginap di pulau sebesi atau mendirikan tenda di kaki gunung anak krakatau bisa menjadi pilihan.

Trekking menuju puncak Anak gunung krakatau
Tips traveling ke anak gunung krakatau :

- Berkunjung bersama rombongan supaya lebih murah
- Jangan lupa bawa kartu identitas untuk membeli tiket kapal feri
- Jaga barang bawaan setelah sampai di pelabuhan bakauheuni
- Sewa angkot di pelabuhan bakauheuni dan tawar menawar langsung di sana
- Sewa homestay di pulau sebesi agar bisa melihat secara langsung aktivitas warga di sana
- Berangkat sepagi mungkin dari pulau sebesi ke anak gunung krakatau supaya bisa melihat sunrise dari atas gunung krakatau
- Pakailah pakaian senyaman mungkin karena cuaca di sana panas bangeeeeet
- Siapkan payung (bisa di gunakan saat panas ataupun hujan)
- Bawa alat snorkling sendiri
- Jika menyewa alat snorkling harap dijaga dengan baik, jangan sampai hilang
- Hati hati saat snorkling, karangnya tajam dan ombaknya cukup besar
- Saat mendaki anak gunung krakatau gunakan sandal trekking
- Sunblock
- Dari sebesi ke Anak gunung krakatau cukup lama naik kapalnya, bawa saja antimo untuk berjaga jaga jika mabuk laut
- Jangan buang sampah sembarangan

Panas cuy...
Bermain pasir bersama kawan

Pokoknya trip ke krakatau ini seru banget! saya dapet banyak teman-teman baru dan pengalaman yang tak terlupakan.

Wisata ke anak gunung krakatau juga sangat cocok buat kamu menghabiskan waktu bersama sahabat, teman atau keluarga.

0 Comments:

Posting Komentar