10 hal inikah yang kamu "takuti" saat traveling?






1. Kecopetan

Kecopetan atau bahkan di palak saat traveling atau backpackeran ke sebuah daerah yang belum kita kenal sebelumnya adalah sesuatu yang sangat menyeramkan. Jangan sampai ini terjadi sama kamu. Antisipasinya adalah dengan cara tidak menyimpan uang cash dengan jumlah besar di dompet. Bisa dengan cara memisahnya di beberapa tempat. Dompet, saku celana, di dalam pakaian di tas/ransel, atau dengan menaruhnya di dalam kaos kaki yang kamu kenakan. Dan juga menyimpan dengan rapi barang mewah kamu : perhiasan, jam tangan atau kameramu.

2. Cuaca ekstrim

Soal cuaca memang sulit di prediksi ya, apalagi kalau kamu berpergian ke daerah dataran tinggi, hujan bisa kapan saja turun. Saat hujan turun dengan tiba-tiba dan kamu sedang berada di jalan dan tak ada tempat berteduh, dan saat itu juga kamu lupa membawa rain cover ranselmu atau kamu lupa memasukan pakaianmu ke dalam plastik saat packing. semua nya jadi basah!

Duuuuh, Sob, kamu harus benar-benar packing semuanya dengan rapi sebelumnya, membungkus pakaian atau benda apapun yang mudah basah ke dalam plasti, repot dikit gpp lah. yang penting aman dari air.

3. Ketemu hal mistis

Semua tempat akan selalu ada hal-hal yang berbau mistis ya, sobat. Siapa saja bisa mengalami hal ini. untuk itu, saat kamu sedang berada di tempat yang baru kamu kunjungi atau berada di tempat yang asing, kamu harus terus menjaga etika perbuatan dan omongan. jangan berbicara sembarang. tapi kalau kamu sudah terlanjur mengalami hal mistis jalan satu-satunya banyak berdo'a sama Allah agar dilindungi :)

4. Kesasar

Kesasar? Buat sebagian orang kesasar justru jadi nilai plus saat traveling. Karena justru dengan kesasar kamu jadi lebih banyak tahu. Tapi buat kamu yang takut kesasar, kamu harus dengan teliti dalam merencanakan perjalanan kamu. Sebelum melakukan perjalanan ada baiknya kamu searching dulu, dari mulai rute perjalanan, transportasi, kondisi wilayah dan lain lain supaya hal ini gak terjadi sama kamu.

Kalau sudah terlanjur kesasar yang bisa kamu lakukan ya dengan bertanya ke warga sekitar atau bisa menggunakan GPS kamu.

Tapi yang penting apapun yang terjadi harus kamu nikmati.

5. Salah kostum

Pernah salah kostum saat traveling atau backpackeran? Misal saat pergi ke tempat yang cuacanya dingin kamu justru malah pakai celana pendek, kaos dan gak bawa jaket. Atau ketika kamu ke pantai malah pakai pakaian super heboh yang bikin kamu gak nyaman. Ha ha ha.. Please deh, jangan bikin perjalananmu jadi gak jaman gara-gara salah kostum. persiapkan perjalananmu dengan baik termasuk pakaian yang akan kamu bawa selama traveling.

6. Salah jadwal transportasi

Banyak teman saya yang mengalami hal-hal seperti ini. Banyak faktor yang menyebabkan gagal fokus dengan jadwal transportasi ke tempat tujuan kamu. Penyebab utama salah jadwal adalah tidak teliti dalam melihat jadwal. Searching, konfirmasi dan tanya sana-sini perlu kamu lakukan supaya hal ink tidak terjadi.

7. Gak ada ATM

Kehabisan uang atau stock uang menipis saat traveling? Ngeri banget! Kembali lagi saya ingatkan untuk searching searching dan searching. Kamu searching apakah destinasi yang akan kamu kunjungi itu sudah tersedia mesin ATM atau belum. Tapi akan lebih aman kalau kamu membawa uang saku lebih dan menyimpannya selain di dompet.

8. Gak ada toilet

Tidak semua traveler atau pecinta backpacker terbiasa buang air tanpa toilet. Tapi biar bagaimanapun ketika kamu berada di kondisi ini, kamu harus siap dan menerimanya. So, selalu sedia tissue basah dan tissue kering kalau-kalau kamu harus buang air kecil/besar di alam terbuka.

9. Mendadak diare/penyakit lainnya

Gak banget dong ketika lagi asyik-asyiknya menikmati perjalananmu tetiba diare datang memghampiri. Bolak-balik kamar mandi bikin kamu gak nyaman dan kehilangan banyak waktu padahal waktu travelingmu terbatas. Inilah pentingnya untuk kita tahu obat-obatan yang minimal bisa kamu gunakan di saat kepepet seperti ini. So, mulai sekarang setiap traveling jangan lupa untuk stock obat-obatan ya. 

10. Lupa bawa chargeran HP/Kamera

Terkadang, momen-momen indah memang cukup di nikmati dengan mata telanjang. Tapi, perlu juga buat kamu mengabadikan momen perjalananmu. Manusia itu dekat dengan lupa, sehingga foto atau video menjadi pengikat agar suatu hari kamu bisa kembali memutar kenangan indah lewat foto atau video. Tapi bagaimana jika saat traveling batre HP atau kamera kamu habis dan kamu lupa membawa chargerannya? Lagi dan lagi saya ingatkan untuk packing dengan baik dan benar. Kamu harus membuat list perlengkapan apa saja yang akan di bawa.

Rasa takut itu manusiawi, sobat. Rasa takut bukanlah sesuatu yang buruk. dengan rasa takut kamu akan tahu kelemahanmu.

Ayo angkat ranselmu, berpetualanglah dengan baik dan dengan penuh rasa penasaran.

0 Comments:

Posting Komentar