Tapi Aku Butuh Kopi



Bagi sebagian masyarakat Indonesia kopi sebenarnya jadi hal yang biasa untuk di nikmati saat membaca buku,  ngobrol dengan teman, saat istirahat kantor, atau bahkan saat berpergian alias travelling.

Kopi sekarang jadi tren bagi segolongan kalangan, bisa terlihat dari munculnya cafe-cafe yang menjamur. di kota tempat Saya tinggal misalnya, sekarang ini banyak banget cafe yang menyediakan berbagai macam kopi, plus tersedia sang barista yang mampu membuat kopi jadi terlihat menarik secara tampilan. Kenapa Saya bilang sebagian golongan? karena memang pada kenyataannya secara keseluruhan minat minum kopi di Indonesia masih kurang, Saya gak tau apa yang salah, mungkin karena cara pengolahannya sehingga kopi jadi terasa kurang nikmat. Padahal, Indonesia adalah salah satu dari lima nega penghasil kopi terbesar di Dunia. Mengagumkan kan?

Eh, iya, Disini Saya bukan membicarakan jenis-jenis kopi atau bahkan lebih detail dari itu, jujur saja Saya nggak begitu paham soal itu walaupun hampir setiap hari Saya meminum kopi.

Dibalik nikmat dan khasiat dari kopi, kita semua harus tahu bahwa kopi juga punya efek samping yang negatif, kita mesti care juga dengan bahayanya dari efek minum kopi itu, apalagi bila terlalu banyak meminumnya, kita gak cuma insomnia atau susah tidur tapi juga sakit kepala, gugup berlebihan, atau kita akan cepat emosi atau marah ketika terlalu banyak meminumnya.

Selain itu, Kopi juga dapat menyebabkan gejala sakit maag karena kandungan kandungan pada kopi bisa meningkatkan asam lambung. Bahkan, ketika kita berlebihan minum kopi justru akan menurunkan daya tahan tubuh, kita malah jadi lemes. Tau kenapa? Karena hal itu disebabkan oleh kafein yang justru akan menyerap mineral dan vitamin yang sebenarnya di perlukan oleh tubuh.

Nah, masalah yang lebih serius kalo kita terlalu banyak meminum kopi itu akan membuat atau memicu sakit jantung dan stroke. Bahaya banget kan/

Tapi Saya Butuh Kopi? Iya, Saya, Kamu dan Kita butuh kopi!

Jujur saja, kopi seperti jadi minuman wajib ketika Saya menulis, baca buku, Istirahat, travelling atau mendaki gunung. Tapi Saya gak mau timbul masalah di kemudian hari hanya karena Saya terlalu sering atau terlalu banyak meminum kopi. Kamu juga gak mau kan?

Yaudah, Saya akan berbagi sedikit tips ala Saya dalam meminum kopi, supaya kopi nya berkhasiat beneran bukan malah menimbulkan penyakit.

Pertama, Jangan meminum kopi saat terlalu panas karena itu akan menimbulkan sakit pada tenggorokan, panas dalam dan sariawan.

Kedua, Kopi dan Rokok adalah kombinasi yang buruk. Yah, tentu saja kita semua tau bahwa ini sangat sangat tidak sehat. jadi hindarilah.

Ketiga, Minumlah kopi sedikit demi sedikit, jangan sekaligus dalam jumlah banyak. Meminum kopi sedikit sedikit itu lebih efektif dan lebih nikmat.

Keempat, Ini yang terakhir, imbangilah dengan banyak-banyak minum air putih. Saya selalu memaksa diri Saya ketika Saya minum segelas kopi, maka Saya harus minum 2 gelas air putih setelahnya. Biar bagaimanapun, air putih jauh lebih sehat untuk tubuh.

Kurang lebih seperti itu ya, sobat. ini hanya sharing biasa, semoga ada manfaatnya.

Hatur Nuhun...

0 Comments:

Posting Komentar